Jenis Kompresi Gambar Lossy Vs. Lossless - Featured Image

Jenis Kompresi Gambar Lossy Vs. Lossless

Setidaknya, ada dua jenis kompresi gambar, yaitu kompresi lossy dan kompresi lossless. Apa penjelasan masing-masing jenis tersebut? Dan apa yang membedakan sekaligus kelebihan dan kekurangan dari lossy Vs. lossless?

Secara sederhana, kompresi gambar adalah sebuah proses pengurangan ukuran file gambar maupun foto. Dalam proses pengurangan ukuran tersebut, semakin canggih tool dan metodenya, maka kualitas gambar akan terjaga.

Sedangkan dalam penerapan kompresi, pengguna bisa menggunakan pilihan otomatis maupun manual. Jika memilih kompresi gambar otomatis, maka hasil antara ukuran yang berkurang dan kualitas yang terjaga itu seimbang.

Namun kalau menggunakan pilihan manual, pengguna bebas memilih lebih menitikberatkan pada ukuran super kecil atau kualitas yang tetap bagus. Melakukan kompresi sangat penting, misalnya untuk menghemat ruang penyimpanan, mempercepat loading, kemudahan berbagi, atau tujuan yang lain.

Pengertian Jenis Kompresi Gambar Lossy dan Lossless

Ilustrasi kompresi gambar lossy
Ilustrasi kompresi gambar lossy

Sekarang, pengguna mayoritas lebih condong menggunakan tool kompresi online daripada di aplikasi offline yang notabene berat. Dengan tool online, hasil kompresi terbaik dan fleksibel, serta privasi dari gambar unggahan Anda tetap terjaga keamanannya.

1. Pengertian Kompresi Lossy

Kompresi lossy adalah proses pengurangan ukuran gambar dengan menggunakan algoritma discrete wavelet transform, fractal compression, dan transform encryption dengan penghapusan data yang tidak perlu.

Karena menggunakan penghapusan data yang tidak perlu secara permanen (irreversible), maka hasil kompres punya ukuran sangat kecil sekali. Sayangnya, proses kompresi lossy juga akan mengurangi kepadatan pixel, sehingga kualitasnya ikut turun.

Kualitasnya setelah melalui serangkaian proses jenis kompresi gambar lossy, tidak akan terlihat kalau tidak Anda zoom in. Jadi, kalau gambar hanya dilihat biasa, penurunan kualitas tidak akan ketahuan.

Penggunaan paling tepat kompresi lossy adalah untuk foto dengan background (tidak transparan) dengan format .JPEG di website supaya loading cepat. Ukuran gambar dengan kompresi lossy dapat berkurang hingga 90% dari ukuran sebenarnya.

2. Pengertian Kompresi Lossless

Kompresi lossless adalah proses pengurangan ukuran gambar dengan mempertimbangkan kualitas yang tetap terjaga. Dampaknya apa? Hasil ukuran kompres tidak maksimal, dengan rata-rata pengurangan ukuran antara 5% sampai 20% dari ukuran aslinya.

Kompresi lossless bekerja dengan cara menghapus informasi tambahan saja, yang mana informasi tersebut memiliki ukuran meski tidak terlalu besar. Lossless tetap mempertahankan informasi esensial (penting), sehingga kualitas gambar tetap jernih walaupun Anda zoom in.

Jenis format gambar yang paling sesuai menggunakan kompresi lossless adalah .PNG (gambar tanpa background). Dengan pertimbangan di atas, lossless compression kurang populer di kalangan pengguna.

Pertimbangan Pilih Jenis Kompresi Gambar Lossy atau Lossless

Kami paham apa yang Anda inginkan, itu adalah kompresi yang maksimal dan bisa mengurangi ukuran hingga 90% dari ukuran asli. Serta tetap mempertahankan kualitas dan ketajaman gambar, baik PNG, JPG, atau JPEG.

Lossy punya keunggulan pada hasil kompresi maksimal, sedangkan lossless punya keunggulan pada kualitas gambar hasil kompresi tetap terjaga. Namun, kekurangan lossy adalah kualitas hasil gambar kompresi tereduksi (berkurang), dan kekurangan lossless adalah kompresi tidak maksimal.

Kabar baiknya, ada tool kompresi online yang bisa Anda custom sesuai dengan kebutuhan. Tool tersebut menerapkan penggunaan kompresi lossy dan lossless secara bersamaan.Anda bisa langsung mencoba tool kompresi foto ubahgambar. Sekian penjelasan pengertian, kelebihan, dan kekurangan dari jenis kompresi gambar lossy dan lossless. Semoga membantu, ya!