Kompres foto di Photopea

Kompres Foto di Photopea: Online Tanpa Aplikasi Tambahan!

Photopea, alternatif Photoshop yang dapat diakses secara online, menawarkan solusi mudah untuk mengkompres ukuran foto tanpa harus menginstal aplikasi tambahan. 

Baca juga: Cara Ubah Ukuran Gambar Massal Sekaligus

Cara Kompres Foto di Photopea

Tampilan situs Photopea
Tampilan situs Photopea– Gambar dari Photopea.com

Berikut langkah-langkah untuk mengubah ukuran dan kompres foto di Photopea detailnya:

Akses Photopea

Buka peramban web favorit Anda (Chrome, Firefox, dll.) dan kunjungi situs resmi Photopea. Antarmuka yang familiar akan menyambut Anda, mirip dengan tampilan Photoshop.

Impor Foto Anda

Klik “File” di pojok kiri atas, lalu pilih “Open”. Cari dan pilih foto yang ingin Anda kompres dari komputer atau perangkat Anda. Anda juga dapat langsung menarik dan melepas (drag-and-drop) foto ke jendela Photopea.

Sesuaikan Ukuran Gambar

Setelah foto terbuka, klik “Image” pada bilah menu atas, lalu pilih “Image Size”. Sebuah jendela pengaturan akan muncul. Di sini, Anda dapat mengatur lebar dan tinggi foto dalam satuan piksel. Kurangi angka-angka ini untuk mengecilkan ukuran foto. Pastikan untuk menjaga rasio aspek agar foto tidak terdistorsi. Untuk foto yang akan digunakan di web, resolusi 72 piksel/inci sudah cukup.

Pilih Format dan Kualitas

Klik “File” > “Export as”. Pilih format JPG untuk kompresi yang lebih baik. Pada jendela pengaturan ekspor, Anda dapat mengatur kualitas gambar. Semakin rendah kualitasnya, semakin kecil ukuran filenya, tetapi kualitas gambar juga akan menurun. Temukan keseimbangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Simpan Foto Terkompresi

Klik “Save” dan pilih lokasi penyimpanan di komputer atau perangkat Anda. Beri nama file yang sesuai dan klik “OK”. Foto Anda yang sudah terkompresi siap digunakan!

Tips Tambahan

  • Periksa Ukuran File: Setelah menyimpan, periksa ukuran file foto yang sudah dikompres. Jika masih terlalu besar, Anda dapat mengulangi langkah 4 dan 5 dengan mengatur kualitas gambar yang lebih rendah.
  • Gunakan Fitur “Save for Web”: Photopea memiliki fitur “Save for Web” yang dirancang khusus untuk mengoptimalkan gambar untuk penggunaan di web. Fitur ini memberikan kontrol lebih lanjut atas kompresi dan kualitas gambar.

Dengan Photopea, Anda dapat mengompres foto dengan mudah dan cepat, tanpa perlu khawatir tentang keamanan data atau instalasi perangkat lunak tambahan. Selamat mencoba!